Kamis, 15 Februari 2024

Memahami Hakikat / Substansi Allah

 Kesalahan terutama pemahaman orang Kristen terhadap Trinitas adalah minimnya pemahaman hakikat Allah. Allah selalu dibayangkan dalam wujud tertentu. Hal ini akan membawa kita dalam memahami Allah dalam wujud fisik, bukan metafisika. Akibatnya pemahaman akan Allah hanya terbatas dalam ruang dan waktu. Dia adalah Pencipta ruang dan waktu, sehingga Dia tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Kita akan mulai membahas hakikat Allah dengan pertanyaan : “Siapakah yang menciptakan Allah? ”

Dari mana Allah ?

Ketika ada yang bertanya, “siapa yang menciptakan Allah ?”

Kita harus menjawab : “Tidak ada yang menciptakan Allah.”

Mereka berpikir : “Tidak mungkin, seharusnya sesuatu ada akibat dari sesuatu yang terjadi sebelumnya. Kita menjadi ada karena pernah diciptakan. Allah juga harus ada karena pernah ada sesuatu yang membuat Dia ada.”

Mereka menggunakan hukum rasio / sebab-akibat untuk bertanya tentang apakah / siapakah yang membuat Allah ada.

Kita harus kembali bertanya : “Kalau begitu, siapa / apa yang menciptakan hukum rasio / sebab-akibat ? Sejak kapan hukum sebab akibat itu ada ? Dan bagaimana bisa ada ? ”

Mereka menjawab : “Hmm.. mungkin itu ada dengan sendirinya tanpa diciptakan.”

Kita harus menjelaskan : “Berarti sangat mudah untuk memahami bahwa Allah sudah ada sejak semula tanpa diciptakan.”

Bagi saya argumen yang salah jika menyatakan rasio tidak diciptakan. Sebab-akibat ada karena ada ruang dan waktu. Rasio menyatakan “Ada sesuatu (berdasarkan ruang) yang terjadi (berdasarkan waktu).” Sedangkan ruang dan waktu itu pernah tidak ada, dan menjadi ada setelah diciptakan oleh Allah.”



Grafik Dimensi dari Sebab-Akibat

Kita percaya Allah adalah Pencipta segalanya. Allah selalu ada, tidak pernah ada waktu dimana Allah tidak ada. Ada dua hal yang harus kita pahami di dalam hidup ini, yaitu tentang Pencipta dengan Ciptaan.

Memahami Hakikat / Substansi

Substansi esensi hakikat natur adalah sesuatu yang ada dalam dirinya sendiri ada karena dirinya sendiri, dan tidak memerlukan hal lain untuk ada. Sebagai contoh unsur oksigen ada dengan sendirinya tidak memerlukan sesuatu lain di luar dirinya. Sedangkan air terdiri dari hidrogen dan oksigen, maka disebut gabungan / campuran dari dua natur. Begitu juga mengenai Allah, Allah adalah substansi sekaligus Pribadi. Bahasa asli dari esensi ini dalam mendefinisikan Allah adalah Ousia dalam bahasa Yunani atau dalam bahasa Arab yang digunakan orang Islam adalah Dzat.

Memahami Pencipta dan Ciptaan

Pencipta adalah sesuatu yang menciptakan dan tidak diciptakan. Karena Pencipta tidak pernah diciptakan, maka tidak ada momen di mana Pencipta tidak ada. Pencipta selalu ada. Pencipta menciptakan sesuatu dari ketidakadaan menjadi ada. Bayangkan di mana segala sesuatu belum diciptakan, Allah sudah ada di dimensi tak terbatas, yang tidak bisa dilampaui oleh pikiran manusia.



Allah ada di Dimensi Allah

Penciptaan adalah menciptakan sesuatu yang pernah tidak ada menjadi ada dengan ketidakadaan.

Kejadian 1 : 1
Pada mulanya Allah menciptakan ( ברא‬ — bara, menciptakan sesuatu dari ketiadaan) langit dan bumi.

Ayub 26 : 7
Allah membentangkan utara di atas kekosongan ( תֹּהוּ — to hu), dan menggantungkan bumi pada kehampaan ( בְּלִי־מָה — beli mah, ketiadaan).

Maka pada momen penciptaan, Allah menciptakan ciptaan dari ketidakadaan (creatio ex nihilo):



Allah menciptakan dengan Firman-Nya. Dalam hal ini bukan berarti Firman Allah berubah menjadi ciptaan, tetapi ciptaan itu ada dari ketidakadaan dari Firman. Dalam penciptaan tidak dibutuhkan bahan baku yang berubah wujud, tetapi segala sesuatu menjadi ada dari ketidakadaan. . Ciptaan tidak berasal dari unsur Allah yang berubah menjadi sesuatu tetapi berasal dari ketidakadaan. Karena jika Firman berubah wujud menjadi ciptaan, maka ciptaan adalah Allah karena memiliki “hakikat Allah”, itu sama sekali salah !





Firman membuat ciptaan menjadi ada dari ketiadaan

Ciptaan adalah sesuatu yang diciptakan. Ciptaan pernah tidak ada dan menjadi ada karena diciptakan dari ketidakadaan. Ciptaan tidak pernah bisa menciptakan. karena ciptaan tidak sanggup mengadakan sesuatu dari ketidakadaan.

Bingung ?? Pakai perumpamaan singkat saja :

Hanya Allah yang sanggup menciptakan cabai dari ketidakadaan. Sedangkan ciptaan (manusia, binatang, alam, dll) tidak sanggup menciptakan cabai dari ketidakadaan. Tetapi ciptaan mampu merubah / mengonversi / menjadikan sesuatu yang ada menjadi sesuatu yang lain. Misal :

· Cabai diolah oleh alam dari biji menjadi pohon cabai, pohon cabai bisa besar karena menyerap energi alam. Alam tidak bisa mengeluarkan cabai dari ketidakadaan, harus minimal ada biji cabai baru bisa muncul pohon cabai.

· Manusia juga tidak bisa menciptakan cabai, tetapi manusia bisa mengolah cabai menjadi sambal. Manusia tidak bisa mengadakan cabai dari ketidakadaan, harus minimal ada biji cabai yang semula diciptakan oleh Allah.

Maka St. Dionysius the Areopagite berkata mengenai Allah dan ciptaan.

Allah adalah sebab dan muasal dari segala sesuatu, esensi dari semua esensi, pemberi kehidupan bagi setiap yang hidup, alasan dari semua sebab-akibat, pemberi kecerdasan dari semua makhluk cerdas,…

Perbandingan Natur Pencipta dengan Ciptaan

Pada titik ini, kita bisa membandingkan bahwa jauh sekali antara Allah dengan ciptaan, yaitu:



Melihat tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang memiliki sifat yang di kiri adalah Allah dan hanya Allah, sedangkan segala sesuatu yang di kanan adalah Ciptaan. Sebagai contoh:

  • Jika ada sesuatu yang pernah tidak ada menjadi ada, pastinya itu Ciptaan
  • Jika ada sesuatu yang punya kuasa tidak terbatas, pastinya itu adalah Allah.
  • Jika sesuatu itu adalah Allah, maka Dia tidak bisa dibagi-bagi atau dipisahkan, dikalkulasikan. Pencipta juga tidak dapat membelah diri atau kehilangan apapun dari diri-Nya. Trinitas bukanlah pembagian Allah, atau Allah kurang lengkap sehingga sepertinya Allah adalah gabungan antara Bapa, Putera, dan Roh Kudus yang tidak sempurna menjadi sempurna. Seperti yang dikatakan dan direnungkan oleh St. John Damascus dalam bukunya The Fount of Knowledge : The Exact Exposition of Orthodox Faith Book 1 Chapter XI,

For when I think of one of the subsistences, I recognise it to he perfect God and perfect essence: but when I combine and reckon the three together, I know one perfect God. For the Godhead is not compound but in three perfect subsistences, one perfect indivisible and uncompound.

Konsep Infinity



Maka saya suka memakai perumpamaan filsafat mengenai infinity. Infinity bukan angka, bukan bilangan. Infinity sebenarnya adalah konsep filsafat untuk memahami sesuatu yang bersifat tak terbatas / tidak dapat dihitung atau dijangkau dengan pikiran manusia. Infinity tidak memiliki ujung angka negatif (permulaan) dan tidak memiliki ujung angka positif (akhir). Kita tidak perlu menemukan awal dan akhir dari infinity, tetapi kita hanya perlu paham bahwa hakikat infinity adalah tidak berawal dan tidak berakhir.

Infinity tidak bisa dikalkulasikan. Sebagai contoh:



berapakah hasil Infinity + 6 ??

Jika Anda menjawab infinity maka jawaban tersebut kurang tepat tetapi tidak juga salah. Bagi sebagian matematikawan berkata bahwa infinity tidak bisa dikalkulasikan, hanya sebuah konsep filosofis saja. Andaikata ada suatu angka yang bernilai limit mendekati infinity, maka jawaban perhitungan ini adalah infinity. Tetapi kita bisa menganggap bahwa infinity tidak perlu ditambahkan apapun, karena dia sudah lengkap dan tidak memerlukan tambahan.



berapakah hasil infinity / 6 ??

Jika Anda menjawab hasilnya adalaha 1/6 infinity maka Anda salah besar. Karena definisi infinity adalah tidak bisa dikalkulasikanInfinity tidak bisa berkurang maupun dibagi-bagi.

Demikian juga mengenai Allah. Dalam konsep filsafat ini kita bisa mengenal bahwa Allah adalah tanpa batas, sehingga tidak mungkin mengalkulasikan Allah. Trinitas bukan berarti Allah terbagi menjadi tiga, atau tiga Allah yang bergabung menjadi satu Allah yang infinity. Trinitas bukanlah infinity + infinity +infinity karena Allah tidak memerlukan penjumlahan seakan-akan Dia berkekurangan.

For the Godhead is not compound but in three perfect subsistences, one perfect indivisible and uncompound God. — St. John Damascus

Penjelasan mengenai Pribadi Allah dalam Trinitas ini akan saya jabarkan di part berikutnya.

Memahami Dimensi Allah dengan Dimensi Kita

Kita tak akan bisa memahami dimensi Allah, karena Allah ada di dimensi yang tak terbatas / infinity. Sebagai perumpamaan, kita harus mempelajari logika metafisika ini.

Logika Semut



Bagaimana, sudahkah dimengerti?

Umpama bagi semut yang tinggal hanya dua dimensi, ketiga ada makhluk tiga dimensi yang meletakkan permen dari sumbu Z, maka tiba-tiba akan muncul permen entah dari mana dari sudut pandang semut. Semut tidak bisa menoleh ke atas atau bawah, sehingga tidak bisa melihat tangan yang meletakkan permen dari sumbu Z (atas / bawah).

Demikian juga kita dalam memahami Allah. Adanya dimensi yang jauh lebih tinggi dari kita membuat kita tidak bisa memahami secara utuh mengenai Allah dalam hakikatNya. Kita hanya perlu percaya dengan apa yang Allah nyatakan di hidup kita, karena Allah yang kita sembah adalah Allah yang imanen, yaitu Allah yang menyatakan diri-Nya bagi ciptaan yang serba terbatas.

Setelah kita belajar mengenai hakikat Allah, maka kita akan belajar mengenai Allah yang Esa. Next move out to the next Topic :

→ Memahami Allah yang Esa https://medium.com/@erickowijoyo/memahami-keesaan-allah-ef19d97f2e53

Share this

0 Comment to "Memahami Hakikat / Substansi Allah"

Posting Komentar